Jenis jenis Kertas

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiRSkumGd_Hcngr6s_j-Raswzh36DXxHOSUsQfijSDD3e_ap12d31Bm1jfTswlW5d5d0rk1i2ljNgN4PIQCQpJYvJcA3w_GNa_XxliNQW6OUNpm67i3Lx4tUkuL-VfEhGR5TlWp9FIA9S6-/s72-c/paper2.jpg click to zoom
Ditambahkan Senin, Mei 23, 2016
Kategori Artikel
Harga @ Art Paper & Matte Paper Art paper adalah jenis kertas yang memiliki permukaan yang licin, sedangkan matt paper adalah kertas ya...
Share
Hubungi Kami
Pesan

Review Jenis jenis Kertas

@


Art Paper & Matte Paper
Art paper adalah jenis kertas yang memiliki permukaan yang licin, sedangkan matt paper adalah kertas yang semi doff. Selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus. Kertas art paper ini kurang bisa menyerap air sehingga kurang cocok digunakan dengan printer yang menggunakan tinta dye yang merupakan tinta berbahan dasar air. Ada beberapa ukuran kertas art paper dan matt paper yang umumnya dipakai dalam dunia cetak yaitu 90gr, 100gr, 120gr.
Art Carton
Bahan kertas ini sama seperti art paper, cuma gramasinya lebih tebal. Banyak digunakan untuk cetakan seperti kartu nama, katalog, company profile,brosur, dan cetakan lainnya yang membutuhkan kertas agak tebal. Umumnya setelah di cetak, bahan ini akan difinishing dengan laminasi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan. Sama seperti kertas art paper, kertas ini tidak bisa digunakan dengan tinta dye atau tinta berbahan dasar air. Gramasi yang umum digunakan 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr , 360gr.
Ivory
Bahan ivory ini hampir sama seperti art carton. Kedua sisinya putih, tetapi tidak seputih art karton. Yang membedakan, art karton kedua sisinya licin sementara ivory hanya satu sisi yang licin. Bahan ini juga banyak digunakan untuk kotak kemasan produk, paperbag, dll karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, 350gr, 400gr.
BC (Brief Card)
Kertas BC memiliki tekstur namun tidak coated. Biasanya digunakan untuk kop surat, sertifikat, kartu nama.  Kertas ini terdapat dalam  berbagai warna. Gramasi yang tersedia umumnya antara 220gr-250gr.
Linen
Kertas ini bertekstur dan bermotif layaknya kertas Concorde, tapi motif dan teksturnya tidak sama dan kertas ini lebih padat daripada Concorde, sehingga dicetak tidak membuat hasil cetakan kabur/merembes kemana-mana. Kertas ini juga tersedia dengan berbagai warna. Untuk gramasinya 220 gr dan 250 gr.
Aster
Kertas ini memiliki tekstur dan permukaan yang halus namun tidak bersifat Glossy (mengkilat).  Di pasaran kertas ini sangat mudah dijumpai dalam berbagai pilihan warna. Kertas Aster  dapat digunakan sebagai bahan untuk keperluan percetakan kartu-kartu undangan pernikahan pada umumnya, kartunama, piagam seminar, maupun kartu kartu promosi yang biasa banyak digunakan dalam jasa Pembuatan Company Profile.
Hammer
            Kertas ini masuk ke dalam golongan fancy paper. Kertas ini hampir sama seperti kertas aster, linen, jasmine, dll. Pada umumnya yang membedakan jenis kertas ini dengan yang lainnya adalah ada teksturnya. Ketas ini juga sering digunakan dalam keperluan mencetak surat penting, piagam, kartu ucapan, dll.
Marga (Duplex)
Bahan duplex mudah  dibedakan dari  bahan lain, yakni  sisi depan berwarna putih dan  sisi belakang abu-abu. Jadi, yang dicetak hanya satu sisi. Bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box karena cukup kuat dan harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Kertas ini umum dipakai untuk pembuatan dos packaging makanan maupun obat-obatan. Gramasi yang umum digunakan 250gr , 270gr , 310gr, 350gr, 400gr, 450gr, 500gr.
Foodgrade
Kertas foodgrade adalah kertas yang sering digunakan untuk kotak makanan. Kertas ini memiliki standarisasi khusus sehingga memang diperuntukkan untuk makanan baik makanan panasa maupun dingin. Pada kertas foodgrade memiliki semacam lapisan yang ramah terhadap makanan. Kertas ini umumnya berwarnan putih dan sering dicetak dengan nama brand atau makanan.
CWb/Duplex Putih
Bahan sama seperti duplex,  hanya  bagian dalam berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Kegunaan kertas ini juga sama. Banyak digunakan untuk box makanan tetapi kertas ini berbeda dengan kertas foodgrade. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.
Karton (Yellow Board)
Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu media cetak yang difinishing hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan kertas lain yang tidak terlalu tebal. Kertas ini digunakan untuk tujuan agar hasil cetakan terlihat lebih tebal dan kokoh. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.
Samson (Craft)
Kertas samson (craft) memiliki coklat muda yang merupakan bahan hasil  daur ulang dan permukaannya kasar. Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena memberi kesan klasik, dalam perkembangannya bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan paperbag dan handtag. Karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja.Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr.
Cromo
Kertas cromo adalah salah satu kertas yang tergolong ke dalam kertas sticker. Sticker cromo biasanya digunakan sebagai media cetak untuk promosi atauun kampanye produk, dll. Kertas sticker cromo memiliki karakter hampir mirp seperti kertas hvs hanya saja ada lapisan perekat pada salah satu bagiannya.
Vynil
Vynil juga sama halnya dengan cromo. Kertas ini masuk dalam golongan kertas sticker yang dapat direkatkan pada media yang lain. Kertas sticker vynil memiliki kelenturan yang lebih disbanding kertas sticker cromo. Sticker vynil bersifat mirip seperti plastic yang lentur jadi kertas stcker ini lebih tahan sobek.
Samson
Bahan kertas ini sama seperti Samson (craft) hanya saja yang membedakan adalah ketebalannya. Sama-sama berasal dari proses daur ulang, memiliki warna coklat. Biasa dipergunakan untuk membuat paperbag dan bungkus. Gramaturnya yang sering dipakai 70gr dan 80 gr.
NCR
Jenis kertas ini mengandung karbonis, dan umumnya terdiri dari minimal 2 ply (rangkap). Cirinya bila Anda menuliskan sesuatu pada bagian kertas yang paling atas maka tulisan tersebut akan tembus ke kertas yang dibawahnya karena mengandung karbon.  Contoh penggunaan untuk nota atau faktur penjualan, form surat jalan, arsip - arsip perusahaan dll.  Jenis NCR ini terdiri dari ply atas yang biasa disebut NCR TOP, ply tengah disebut NCR MIDDLE, ply bawah disebut NCR BOTTOM.
Fancy Paper
Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat media cetak yang membutuhkan kesan atau rasa artistic yang lebih pada kertas. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii, hammer, tuliv, concord, wangi hongkong, dahlia, dll. Jenis kertas ini sering dipakai untuk untuk cetak undangan, piagam, sertifikat, serta cover buku. Untuk membedakan jenis - jenis kertas ini bisa dilihat dari serat kertasnya. Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.
Corugated
Sesuai namanya, kertas corugated merupakan karton yang bagian dalamnya bergelombang antara lain digunakan sebagai kardus mie instan, kardus alat elektronik, dll.  Jika dicetak, box ini umumnya ditempel lagi dengan menggunakan  duplex, kraft atau hvs. Jadi  jika hendak dicetak fullcolor, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian  ditempel. Ketebalan bahan ini dikategorikan menjadi B flute (gelombang besar ) dan E flute (gelombang kecil).
Jasmine
Kertas bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan, piagam, atau yang lainnya. Kertas jasmine mengandung gliter-gliter kecil yang membuat kertas terlihat mewah dan elegan.  tersedia berbagai pilihan warna.
Concord
Kertas Concord adalah kertas yang mempunyai ciri khas pada permukaannya yang penuh dengan serat garis serta permukaan bergelombang (tidak beraturan). Kertas jenis ini jika di lipat maka pada lipatannya akan kelihatan sedikit patah-patah teksturnya, apalagi untuk yang jenis  tebal. Hanya tersedia 2 jenis ketebalan, Concord tipis (+120 gsm) dan Concord Tebal (+250 gsm). Kegunaan umum kertas ini antara lain untuk keperluan cetak Kop surat, amplop, kartunama.



Komentar